INFO sekilas Banjarmasin handfsome

RUMAH BANJAR
Rumah Banjar Memiliki Corak yang khas serta memiliki atap yang menjulang tinggi merupakan ciri khas Rumah Banjar. Rumah Banjar pun memiliki berbagai macam jenis yang memiliki ciri tersendiri. Beberapa jenis rumah Banjar antara lain Rumah Tadah Alas, Rumah Gajah Baliku, Rumah Balai Mini dan masih banyak lagi.
Ciri lain dari Rumah Banjar yakni terdapat bangunan yang menjorok kesamping kiri dan kanan seperti sayap, bagian bangunan yang menonjol tersebut disebut anjung, ini yang membuat rumah Banjar lebih populer dengan nama Rumah Baanjung.

TAMAN SIRING 
Taman Siring Sungai Martapura
Taman ini dapat anda jadikan pilihan tempat untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman anda sambil menikmati pemandangan sungai Martapura. Taman Siring ini terletak di jalan Jendral Sudirman atau lebih tepatnya diseberang Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Tempat ini cukup ramai, terutama pada akhir pekan. Karena kota Banjarmasin terkenal dengan kota seribu sungai, tak lengkap rasanya jika anda tidak menikmati panorama sungai di Banjarmasin dari taman Siring Sungai Martapura.


ALAT MUSIK PANTING

Alat Musik Panting Irama khas yang di hadirkan, adalah perpaduan apik antara berbagai alat musik seperti Biola, Panting dan juga Gong.
Untuk alat musik Panting, alat musik ini hampir mirip dengan alat musik gambus yang berasal dari Arab. Sama seperti gitar, memainkan alat musik Panting juga harus di petik. Alat Musik Panting biasa di hadirkan dalam acara-acara seperti mengiri tarian tradisional.

DM ( DARA MUDA HEHEEHE) DUTA MALL
Duta Mall
Hadir sebagai Mall kebanggaan warga kota Banjarmasin dan menjadi tempat favorit untuk berbelanja ataupun hanya sekedar refreshing saja. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani Km 2, Banjarmasin.'
  
KAIN SASIRANGAN

kain-sasiranganKain Sasirangan merupakan kain corak khas kota Banjarmasin. Pembuatannya melewati proses pewarnaan rintang dengan menggunakan perintang seperti tali, benang atau sejenisnya, yang dibentuk dengan corak-corak tertentu.

Kain Sasirangan dibuat dari bahan kain yang berasal dari serat kapas (katun). Kebanyakan pengembang usaha ini adalah dari kalangan rumah tangga, karena pembuatannya yang tidak perlu menggunakan alat khusus. Cukup dengan metode menjahit tangan dan ikatan.

Kain Sasirangan mulai dilirik kalangan desainer nasional

Belakangan ini Kain Sasirangan berkembang dan merambah ke dunia mode nasional. Para desainer yang tengah sibuk mengangkat tema tradisional pada produknya kerap memilih kain Sasirangan sebagai bagian dari desainnya.
Kini kain Sasirangan sudah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mancanegara. Salah satu negara yang tengah disibukkan oleh Kain Sasirangan ialah Australia.Mendapatkan Kain Sasirangan...Kain ini dapat Anda dapatkan dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu, tergantung corak, ukuran, dan bahannya. Salah satu penjual kain Sasirangan yang cukup terkenal di Banjarmasin ialah Rubiyah Sasirangan yang berada di Jl. Arthaloka 14 Gatot Subroto XI Banjarmasin.

MESJID RAYA SABILAL
masjid sabilal muhtadin
Masjid Raya Sabilal Muhtadin terletak tepat di tengah kota Banjarmasin. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 100.000 meter persegi. Masjid ini merupakan masjid terbesar di kota Banjarmasin dan juga menjadi kebanggaan warga kota Banjarmasin. Bangunan masjid mulai dari dinding, lantai, menara dan turap plaza, secara keseluruhannya bangunannya berlapiskan marmer. Secara total masjid terbesar se-Kalimantan ini mampu menampung 15.000 jamaah. Total tersebut di bagi menjadi 2 bagian yakni, di bagian dalam bangunan dapat menampung sebanyak 7.500 jamaah dan di halaman 7.500 jamaah.
Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang mempunyai bentuk yang unik dengan kubahnya yang khas, sangat cocok untuk anda kunjungi ketika berkunjung ke Banjarmasin karena di komplek Mesjid ini juga terdapat Hutan Kota serta tidak jauh  dari Taman Maskot dan Siring Sungai Martapura.
 
 
DANAU RIAM KANAN
danau riam kananDanau Riam Kanan terletak di Desa Aranio, Banjarmasin. Letaknya sekitar 65 km dari Kota Banjarmasin. Danau Riam Kanan merupakan bagian terpenting dari Taman Hutan Raya Sultan Adam karena terdiri dari beberapa tempat wisata, seperti Air Terjun Surian, Riam bagugur dan Hutan Pendidikan.



PULAU KEMBANG


Biasanya, ketika berada di Pasar Terapung, beberapa pemilik perahu menawarkan jasa antar ke pulau Kembang. Letak Pulau Kembang memang tak jauh dari Pasar Terapung. Pulau ini dihuni ratusan bekantan yang sengaja dilestarikan untuk tujuan wisata.
Secara administratif, Pulau Kembang yang berada di sebelah barat kota Banjarmasin ini sebetulnya sudah masuk ke wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Utara, dengan luas 60 Ha. Meski memiliki potensi  wisata yang menarik, pemerintah setempat sepertinya masih belum menyediakan fasilitas yang memadai.
Masyarakat Tionghoa-Indonesia di tempat ini meletakkan dua buah arca berwujud kera putih (Hanoman) sebagai lambang Pulau Kembang, dan meletakkan sesaji yang dipersembahkan bagi “sang penjaga” pulau. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal tersebut, kaul atau nazar yang dimohonkan akan terwujud.
Bila Anda tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kembang, Anda perlu berhati-hati dengan barang bawaan Anda karena bekantan yang hidup di sini cukup agresif. Bawa pula makanan kecil untuk mereka seperti kacang, pisang, dll.
Waspada juga pada guide liar yang sering tak disangka-sangka ikut meminta uang dari wisatawan. Namun tetap saja, Pulau Kembang merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi bila mampir ke Banjarmasin.
0 Responses